PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA

DHARMASTUTI, KRISTIANAWATI (2020) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 01. Halaman Depan.pdf] Text
01. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (588kB)
[thumbnail of 02. abstrak.pdf] Text
02. abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (141kB)
[thumbnail of 03. BAB I.pdf] Text
03. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (219kB)
[thumbnail of 08. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
08. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Metode Bermain Peran (Role Playing), Hasil Belajar.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan yang ada di lapangan,
dimana ditemukan permasalahan yang berhubungan dengan
rendahya hasil belajar siswa dan penggunakan metode ceramah saja
pada saat pembelajaran. Hal ini di dukung dengan banyaknya peserta
didik yang tidak memperhatikan pada proses pembelajaran dan
peserta didik banyak menyukai bermain.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah
pengaruh metode bermain peran (Role Playing) terhadap hasil belajar
IPA kelas V SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain
peran (Role Playing) terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN
Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes. Adapun teknik analisis data
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis atau uji-t.
Hasil penelitian yang ditemukan setelah dilakukan uji
hipotesis oleh peneliti, di dapat data bahwa thitung > ttabel atau 5,11 >
2,5 maka Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh metode bermain
peran (Role Playing) terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN
Tenggilis Mejoyo I Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:45
Last Modified: 26 Dec 2022 15:28
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1758

Actions (login required)

View Item
View Item