KORELASI KEMAMPUAN LITERASI BAHASA SISWA DENGAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN BIASA DI SDN GAYUNGAN II SURABAYA

Soarubun, Maria Ariesta (2020) KORELASI KEMAMPUAN LITERASI BAHASA SISWA DENGAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN BIASA DI SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (174kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (176kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: korelasi, literasi bahasa, soal cerita.
Penelitian ini didasari oleh kesulitan siswa saat mengerjakan
soal cerita matematika, dimana siswa merasa kesulitan memahami isi
bacaan atau maksud dari soal, membuat penyelesaian dan
menuliskan kesimpulan. Untuk itu melalui serangkaian tes yang
dilakukan, telah ditemukan bahwasanya kesulitan tersebut dapat
diatasi dengan kemampuan literasi bahasa siswa.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi kemampuan
literasi bahasa siswa dengan kemampuan siswa menyelesaikan soal
cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif
jenis ex-postfacto korelasi, data yang dikumpulkan melalui tes yang
berbentuk pilihan ganda dan essay. Pengujian korelasi dilakukan
menggunakan uji korelasi product moment-pearson. Jumlah
populasinya sebesar 19 orang.
Berdasarkan analisis data, diperoleh
hitung r
sebesar (0,472) >
tabel r
(0,456) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada korelasi
kemampuan literasi bahasa siswa dengan kemampuan siswa
menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan pecahan
biasa di SDN Gayungan II Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:01
Last Modified: 22 Dec 2022 11:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1764

Actions (login required)

View Item
View Item