PENGARUH METODE BRAINSTROMING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA

Wulansari, Merin (2020) PENGARUH METODE BRAINSTROMING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (516kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (146kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (151kB)
[thumbnail of 8. Daftar Puataka dan Lampiran-Compers File.pdf] Text
8. Daftar Puataka dan Lampiran-Compers File.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: metode brainstroming, keterampilan memecahkan
masalah
Penelitian ini telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Metode
Brainstroming terhadap Keterampilan Memecahkan Masalah Peserta
Didik Kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya”, dilakukan
dengan tujuan mengkaji keterlaksanan metode brainstroming pada
peserta didik kelas IV dan mengkaji adakah pengaruh metode
brainstroming terhadap keterampilan memecahkan masalah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan
bentuk quasi eksperinmental control grup design, menggunakan
teknik sample random sampling. Penelitian ini menghasilkan data uji
validasi Rpp memperoleh skor 3,7, lembar observasi pendidik dan
peserta didik memperoleh skor 3,7, instrumen tes keterampilan
memecahkan masalah memperoleh skor dari validator 3,7, dinyatakan layak dapat digunakan.
Hasil data yang diperoleh dari kegiatan observasi pendidik
skor 3,8 dan peserta didik skor 3,7, memperoleh kriteria sangat baik.
Setelah penelitian dilakukan uji homogenitas, sig 0,496 sig > 0,05
yang berarti data homogen. Data tes keterampilan memecahakan
masalah menggunakan pretest dan posttest, dengan uji normalitas
kelas kontrol pretest menghasilkan sig 0,100 > 0,05, posttest sig
0,200 > 0,05, uji normalitas kelas eksperimen pretest sig 0,53 > 0,05,
posttest sig 0,69 > 0,05, maka data tersebut normal.
Analisis uji hipotesis menghasilkan sig 0,000 < 0,05 berarti H0
ditolak, maka hasil tersebut disimpulkan terdapat pengaruh metode
brainstroming terhadap keterampilan memecahkan masalah peserta
didik kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 25 Nov 2022 08:07
Last Modified: 26 Dec 2022 15:27
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item
View Item