PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SATUAN BERAT KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SEDATI GEDE II SIDOARJO

KUMALA, ERIKA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI SATUAN BERAT KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI SEDATI GEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (205kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (19kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (50kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (954kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model problem based learning, kemampuan memecahkan
masalah.
Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah soal
cerita matematika materi satuan berat kelas III Sekolah Dasar Negeri
Sedatigede II Sidoarjo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental dalam bentuk
Nonequivalent Control Group Design dengan post test only. Populasi
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN Sedatigede II
Sidoarjo yang berjumlah 110 peserta didik dengan sampel yang terdiri dari
36 peserta didik kelas III C sebagai kelas eksperimen dan 36 peserta didik
kelas III B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik pengambilan
sampel Purposive Sampling. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu
model pembelajaran Problem Based Learning sebagai variabel bebas dan
kemampuan memecahkan masalah soal cerita matematika materi satuan
berat sebagai variabel terikat. Data dikumpulkan melalui tes tulis yang terdiri
atas 5 soal untuk tingkat kognitif C3 dan C4. Uji statistik yang digunakan
adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang
signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap
Kemampuan Memecahkan Masalah Soal Cerita Matematika Materi Satuan
Berat Kelas III Sekolah Dasar Negeri Sedatigede II Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:26
Last Modified: 20 Dec 2022 13:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1785

Actions (login required)

View Item
View Item