Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Keberagaman Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari Mojokerto

Wahyuni (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Keberagaman Makhluk Hidup Siswa Kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari Mojokerto. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (854kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (216kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (190kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, hasil belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurikulum 2013 yang
menerapkan pendekatan saintifik. Pada penelitian ini menerapkan model
pembelajaran inkuiri pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 pada materi
keberagaman makhluk hidup siswa Kelas IV SDN Wonokusumo
Mojosari Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri
pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1 kelas IV.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Desain
penelitian menggunakan pola posstest only control design. Data
penelitian ini berupa hasil belajar IPA siswa. Sumber data dalam penelitian
ini dengan populasi kelas IV – A dan siswa kelas IV – B SDN
Wonokusumo Mojosari Mojokerto yang masing-masing berjumlah 25
siswa dengan sampel 50 siswa. Variabel penelitian ini menggunakan 2
variabel yaitu: 1) variabel bebas: model pembelajaran inkuiri, 2) variabel
terikat: hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dengan menggunakan tes. Analisis data menggunakan analisis uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji t.
Simpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan
tampak thitung lebih dari ttabel ( 7,69696 ≥ 2,01063 ) pada taraf
signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1diterima
yang menyatakan “ada pengaruh model pembelajaran inkuiri
terhadap hasil belajar IPA pada materi keberagaman makhluk hidup
siswa kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari Mojokerto”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:23
Last Modified: 22 Dec 2022 11:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1793

Actions (login required)

View Item
View Item