PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN BERKOLABORASI SISWA KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA

Bianca, Inggrit Novel (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN BERKOLABORASI SISWA KELAS III SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (484kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (69kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (106kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka Dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka Dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Scramble, KemampuanBerkolaborasi
Penelitian ini didasarkan kenyataan di lapangan bahawasannya
siswa dalam proses belajar di kelas membutuhkan model
pembelajaran kooperatif tipe Scramble yang mampu menarik
perhatian siswa, antusiasnya mereka. Dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Scramble siswa akan memahami
pembelajaran di kelas dengan model pembelajaran yang berbeda.
Tujuan penelitian ini mengetahui (1) Ada atau tidaknya pengaruh
model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap
Kemampuan Berkolaborasi Siswa Kelas III SD Hang Tuah 10
Juanda; (2) Aktivitas siswa dalam penerapan model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Scramble dalam Pembelajaran Bhasa Indonesia
Siswa kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda.
Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan desain
Nonequivalent Posttest-Only Control Design.Populasi dalam
penelitian ini yaitu semua kelas III Sd Hang Tuah 10 Juanda. Teknik
yang digunakan purposive sampling sehingga sampel penelitian yaitu kelas III B sejumlah 24 siswa dan kelas III C sejumlah 4 siswa.
Teknik pengumpulan data angket dan Observasi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) ada pengaruh model
pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap kemampuan
Berkolaborasi Siswa Kelas III SD Hang Tuah 10 Juanda. (2)
Aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Kooperatif
Tipe Scramnle Terhadap Kemampuan Berkolaborasi Siswa SD Hang
Tuah 10 Juanda dapt dikategorikan “baik”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:40
Last Modified: 22 Dec 2022 11:51
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item
View Item