PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SEDATI

Safitri, Adinda Desya (2019) PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SEDATI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (335kB)
[thumbnail of ABSTRAK DESYA.pdf] Text
ABSTRAK DESYA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (146kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (177kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (233kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Safitri, Adinda Desya. 2019.Profil Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Kemampuan Matematika Pada Materi Bentuk Aljabar Untuk Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Sedati. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing Erlin Ladyawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: pemecahan masalah, kemampuan matematika.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Kemampuan pemecahan masalah merupaka bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dapat dilakukan dengan cara membiasakan untuk menyelesaikan masalah. Sedangkan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa SMPN 1 Sedati pada kelas 1-2 berdasarkan kemampuan matematika.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek untupenelitian ini adalah 3 orang siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Teknik penelitian ini yaitu menggunakan tes tulis dan wawancara. Dimana Tes Kemampuan Matematika untuk menentukan subjek berdasarkan tingkat kemampuan, Tes Pemecahan Masalah untuk memperoleh tingkat kemampuan siswa, sedangkan wawancara sebagai data analisisyang valid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Subjek berkemampuan matematika tinggi sudah dapat menyelesaikan sesuai indikator dengan tepat yaitu pada tahap memahami masalah; tahap membuat rencana; tahap melaksanakan rencana;dan tahap memeriksa kembali,. Subjek berkemampuan matematika sedang sudah dapat menyelesaikan sesuai indikator dengan tepat yaitu pada tahap memahami masalah; tahap membuat rencana; dan tahap melaksanakan rencana. Namun, pada tahap memeriksa kembali subjek belum dapat menyelesaikannya secara tepat. Subjek berkemampuan matematika rendah belum dapat menyelesaikan sesuai indikator. Pada tahap memahami masalah; tahap membuat rencana; tahap melaksanakan rencana;dan tahap memeriksa kembali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:26
Last Modified: 28 Nov 2022 06:31
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item
View Item