Istiana, Marita Eka (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI UANG KELAS II SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (623kB)
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (89kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (171kB)
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Kata kunci : Model RME, Kemampuan literasi matematika..
Hasil PISA menyatakan bahwa siswa Indonesia memiliki kemampuan
literasi yang rendah (OECD. 2013a). Harapan peneliti dalam penelitian ini
adalah agar siswa mampu menyelesaikan masalah sehari-hari dengan
kemampuan literasi matematika. Kemampuan literasi matematika siswa
tidak hanya dituntut memiliki kemampuan berhitung saja, namun siswa juga
harus memiliki kemampuan bernalar secara kritis dan logis untuk
menyelesaikan masalah.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) rata-rata kemampuan
literasi matematika siswa kelas eksperimen yang diajar melalui model RME
lebih baik daripada kelas kontrol yang diajar melalui model TPS; (2)
aktivitas siswa yang diajar dengan RME; dan (3) aktivitas guru siswa
dengan dengan model RME.
Jenis metode penelitian adalah penelitian kuantitatif tipe quasi
eksperimental design tipe Posttest-Only. Populasinya adalah siswa kelas II
SD Hang Tuah 10 Juanda. Sampel diambil dengan teknik cluster random
sampling sehingga didapatkan kelas II-D sebagai kelas eksperimen dan II-E
sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes,
observasi, dan dokumentasi. Alat pengumpul data menggunakan lembar
observasi dan tes soal cerita. Teknik analisis data tes menggunakan SPSS
22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan literasi
matematika siswa kelas eksperimen yang diajar melalui model RME lebih
baik daripada kelas kontrol yang diajar melalui model TPS; (2) aktivitas
siswa mendapat kategori sangat baik; dan (3) aktivitas guru menggunakan
RME mendapat kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 06:47 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 11:38 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1811 |