PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI “BENTANG ALAM INDONESIA” SISWA KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOSARI

AMALIA, RIZKI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI “BENTANG ALAM INDONESIA” SISWA KELAS IV SDN WONOKUSUMO MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (710kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (228kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (173kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture,
hasil belajar siswa
Pelaksanaan pembelajaran materi “Bentang Alam Indonesia”,
siswa masih terdapat kesulitan dalam menerima materi tersebut.
Mengingat hal tersebut seorang guru dituntut untuk memahami dan
memilih suatu model pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat
tercapai. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture
terhadap hasil belajar materi “Bentang Alam Indonesia” siswa kelas
IV SDN Wonokusumo Mojosari.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan
rancangan penelitian Quasi Experimental Design dengan jenis
Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Wonokusumo Mojosari
dan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV-A dan siswa kelas IVB SDN Wonokusumo Mojosari, menggunakan teknik
Nonprobability Sampling dengan tipe Purposive Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data
menggunakan uji-t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture
terhadap hasil belajar materi “Bentang Alam Indonesia” siswa kelas
IV SDN Wonokusumo Mojosari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 28 Nov 2022 08:16
Last Modified: 22 Dec 2022 11:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1832

Actions (login required)

View Item
View Item