PENGARUH PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA KARTA (KARTU KATA) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA

Rohmatin, Maysatul (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA KARTA (KARTU KATA) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (239kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (124kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (130kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (866kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: pembelajaran snowball throwing, kartu kata.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan
siswa dalam menulis puisi disebabkan oleh minat siswa dalam
belajar menulis puisi masih kurang, siswa merasa membuat puisi itu
sulit, serta siswa belum mengetahui tujuan dan manfaat menulis
puisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan
menulis puisi dengan media Berbantu Media Karta (Kartu Kata)
Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SDN Dukuh
Menanggal 1 Surabaya.
Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian dengan
rancangan yang berbentuk Quasi eksperimen Design dengan desain
“posttest-only control design”. Dalam desain ini terdapat dua
kelompok sampel, dimana kelompok pertama diberi perlakuan (X)
dengan menggunakan media yang disebut dengan kelompok
eksperimen dan kelompok dua tanpa diberi perlakuan (tidak
menggunakan media) yang disebut dengan kelompok kontrol.
Hasil yang diperolah dalam penelitian yaitu uji normalitas
yang dilakukan peneliti untuk menguji data hasil belajar peserta
didik kelas experiment dan di kelas kontrol dapat dinyatakan
berdistribusi Normal, karena x2
hitung 7,001 ≤ x2
tabel 11,1. Uji
homogenitas yang dilakukan peneliti untuk menguji data hasil belajar
peserta didik di kelas experiment dan kelas kontrol dapat dinyatakan
berdistribusi Homogen, karena Fhitung 1,05 ≤ Ftabel 2,37. Hasil
penghitungan uji-t diperoleh thitung = 6 dengan taraf kepercayaan 95%
dengan dk 74 maka di dapat ttabel = 2,37 . H0 dengan demikian
ditolak dan H1 diterima. Dengan ditolaknya H0 berarti dalam
penelitian ini terbukti bahwa keterampilan menulis puisi perserta
didik kelas IV SDN Dukuh Menaggal 1 Surabaya yang diajar
mengunakan model pembelajaran snowball throwing berbantu media
KARTA (Kartu Kata) pada tahun ajaran 2019/2020 ada peningkatan
yang sangat signifikan. Sehingga dapat disimpulkan terdapat
pengaruh pembelajaran snowball throwing berbantu media karta
(kartu kata) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SDN
Dukuh Menanggal 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:38
Last Modified: 20 Dec 2022 14:13
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item
View Item