PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO

Aisyah, Herawati (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SEDATIGEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (751kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (91kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (164kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning dan
Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi peserta didik
Saat ini peserta didik masih berada pada tingkatan berfikir yang
rendah yaitu mengingat dan memahami sedangkan untuk mencapai
tujuan pendidikan di perlukan lebih itu peserta didik harus mampu
menganalisis, mengevaluasi serta mencipta. Tujuan dari penelitian
ini yaitu menjelaskan keterlaksanaan Model Pembelajaran Problem
Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi IPA
dan menjelaskan ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat
Tinggi IPA Peserta Didik Kelas IV SDN Sedatigede II Sidoarjo.
Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif.
Dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design.
Rancangan desain penelitian ini menggunakan Posttets-Only Control
Group Design. Sampel penelitian peserta didik kelas IV B yang
berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas kontrol dan IV C yang
berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes analisis data
menggunakan uji-t dan presentase.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh
signifikan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap
Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi IPA Peserta Didik Kelas IV
SDN Sedatigede II Sidoarjo dan penerapan Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat
Tinggi IPA Peserta Didik Kelas IV SDN Sedatigede II Sidoarjo
terlaksana dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:57
Last Modified: 20 Dec 2022 11:35
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1844

Actions (login required)

View Item
View Item