Prastika, Maulina Dwi (2020) PENGARUH TEKNIK PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI KARAKTERISTIK LINGKUNGAN KELAS IV SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (407kB)
2. Abstak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (44kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (212kB)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci : Teknik Pictorial Riddle, IPS, hasil belajar
Penelitan ini dilakukan bedasarkan dengan kenyataan dilapangan
salah satu penyebab dari rendahnya hasil belajar siswa yaitu karena
pelaksanaan pembelajaran yang lebih memfokuskan siswanya untuk
menghafal, tanpa memperhatikan pengembangan kemampuan berfikir yang
dimiliki oleh siswa. Selain itu guru masih sering menjelaskan materi
pembelajaran yang akan disampaikan dengan metode ceramah, tanya jawab,
dan bermain peran. Serta teknik pembelajaran yang kurang efektif dalam
membantu siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan
masalah yang telah dikemukakan diatas peneliti melakukan pelaksanaan
pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Inquiry berbasis
Teknik pictorial riddle ini dikarenakan dalam pembelajaran IPS ketika kita
belajar tidak terlepas dari gambar.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan
rancangan penelitian Quasi Eksperimen Design dengan desain bentuk
Posttest-Only Control Design. Dengan sampel penelitian peserta didik kelas
VA yang berjumlah 39 siswa dan IVB yang berjumlah 30 siswa,
menggunakan teknik Non Probability sampling dengan teknik purposive
sampling. Variabel Independen dengan teknik Pictorial Riddle dan Variabel
Dependen hasil belajar IPS ranah kognitif. Penelitiam ini menggunakan
teknik pengumpulan data yaitu tes hasil belajar peserta didik.Teknik analisis
data dengan menggunakan T-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan teknik Pictorial
Riddle berpengaruh terhadap hasil belajar IPS. Hal ini terlihat dari hasil
perhitungan manual dengan menggunakan uji hipotesis yang menunjukan
nilai = 4,47 = 1,991 dengan demikian Ho ditolak dan
diterima. Dengan ditolaknya H0 berati penelitian ini terbukti bahwa adanya
pengaruh dalam hasil belajar IPS kelas IV SDN Dukuh Menanggal 1
Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 03:02 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 14:01 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1846 |