PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IVSDN KEBOAN ANOM

Laili, Novi Nur (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IVSDN KEBOAN ANOM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (705kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (197kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (207kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Kemampuan
Berpikir Kritis.
Kemampuan berpikir kritis siswa perlu dikembangkan sejak dini, khususnya
pada jenjang sekolah dasar. Namun pada kenyataan di lapangan, kemampuan
berpikir kritis siswa masih sangat rendah. Dalam hal itu, maka guru harus
menerapkan model pembelajaran yang tepat. Problem based learning merupakan
model pembelajaran yang menyajikan berbagai permasalahan untuk
meningkatkan kemampuan siswa agar mampu menyelidiki dan mengatasi sebuah
masalah baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Dengan
diterapkannya model pembelajaran problem based learning diharapkan dapat
membuat siswa memiliki kemampuan berpikir kritis.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
kelas IV SDN Keboan Anom.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan bentuk
posttest only control design. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar
tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes. Adapun
teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji
keseimbangan, dan uji t dengan bantuan program SPSS 16.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran
problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN
Keboan Anom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:20
Last Modified: 20 Dec 2022 13:48
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1853

Actions (login required)

View Item
View Item