PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS IV TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 SDN KETABANG SURABAYA

MU’ALIFAH (2020) PENGARUH MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA KELAS IV TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 SDN KETABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADIBUANA SURABAYA.

[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (119kB)
[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (566kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (132kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Model Think Talk Write, Kemampuan Analisis.
Kemampuan analisis merupakan kemampuan untuk
menguraikan materi kedalam bagian atau komponen yang lebih
terstruktur dan mudah dimengerti. Saat ini siswa masih kurang
optimal dalam penguasaan konsep-konsep materi ajar. Penguasaan
konsep berkaitan erat dengan kemampuan berfikir yang cenderung
pada kemampuan analisis siswa. Model TTW dapat dijadikan
alternatif untuk meningkatkan kemampuan analisis karena model ini
lebih menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk
mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk
menumbuhkan kemampuan analisis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan
analisis siswa kelas IV yang diajar menggunakan model TTW
secara signifikan lebih baik dari pada siswa yang diajar
menggunakan model kontekstual. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif Quasi Experimental Design menggunakan
desain Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini
yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Ketabang Surabaya tahun ajaran
2019/2020. Pada penelitian ini terpilih dua sampel, yaitu kelas IV-A
sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol.
Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,
uji keseimbangan dan uji t dengan berbantuan IBM SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan analisis
siswa kelas IV yang diajar menggunakan model TTW secara
signifikan lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan
model kontekstual SDN Ketabang Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 03:52
Last Modified: 20 Dec 2022 13:53
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item
View Item