Pengaruh Media Rolly Poly Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Keberagaman di SDN Menanggal 601 Surabaya.

Anggraini, Ardana Aulia (2020) Pengaruh Media Rolly Poly Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Keberagaman di SDN Menanggal 601 Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (978kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (163kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (164kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (5MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Media Rolly Poly, Hasil Belajar, keberagaman.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurikulum 2013 yang menggunakan
pembelajaran tematik terpadu dengan media Rolly Poly pada materi keberagaman.
Siswa sering merasa bosan saat mengikuti pembelajaran yang disebabkan beberapa
faktor masalah dalam memahami materi pembelajaran maupun cara penyampaian.
Maka media Rolly Poly bisa membuat siswa merasa senang dalam melakukan
pembelajaran melalui permainan.
Telah dilakukan penelitian jenis kuantitatif dengan metode Quasi
Experimental Design pada Posttest Only Control Group Design. Sampel yang
digunakan purposive sampling yang dipilih dari siswa SDN Menanggal 601
Surabaya, Rumusan masalah penelitian ini “Bagaimana aktivitas siswa dalam
menggunakan media Rolly Poly dan adakah pengaruh media Rolly Poly terhadap
hasil belajar”.Tujuannya untuk memberikan pengalaman belajar yang
menyenangkan. Populasi yang digunakan adalah kelas IV-A dan IV-B SDN
Menanggal 601 Surabaya sebanyak 80 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan media Rolly Poly.
Hasil validasi RPP 88%, observasi siswa 88%, hasil validasi tes belajar
83%, dan hasil validasi media 86%, keseluruhan hasil dinyatakan kategori sangat
baik dan dapat diterima. Hasil pelaksanaan aktivitas siswa 78%. Perbandiangan
antara kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan spss 16.0 dapat dilihat
bahwa nilai thitung > ttabel (12.997 > 1.68595) dan nilai signifikasi , a = 0,05 (0,000 <
0.05) yang berarti bahwa Ho ditolak. Kemudian data hasil penelitian uji normal
yaitu 0.200. sehingga dapat dikatakan berdistribusi normal dikarenakan nilai
signifikan, uji homogen sebesar 0,647 jadi dapat disimpulkan data yang disajikan
telah homogen, uji hipotesis menunjukkan 0.000. Sehingga di simpulkan terdapat
pengaruh media Rolly Poly terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi
keberagaman di SDN Menanggal 601 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 04:41
Last Modified: 20 Dec 2022 08:30
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1882

Actions (login required)

View Item
View Item