PENGARUH MOTIF BATIK SEMEN ROMO DAN SEKAR JAGAD PADA “UD.BATIK SATRIO MANAH” TERHADAP MINAT KONSUMEN

SUSANTI, YUNIA DWI (2022) PENGARUH MOTIF BATIK SEMEN ROMO DAN SEKAR JAGAD PADA “UD.BATIK SATRIO MANAH” TERHADAP MINAT KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (787kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (122kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (185kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (62kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Susanti, Yunia Dwi. 2022. Pengaruh Motif Batik Semen Romo dan Sekar Jagad
Pada UD.Batik “Satrio Manah” Terhadap Minat Konsumen Skripsi. Program
Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga – Tata Busana Fakultas
Teknik Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing : Dr. Atiqoh, M.Pd.
Kata Kunci: Minat, Semen Romo, Sekar Jagad, Satrio Manah
Motif batik merupakan suatu corak yang di bentuk dengan baik hingga
menghasilkan suatu bentuk yang beraneka ragam. Seiring berjalannya waktu batik
juga harus dilestarikan dan di kembangkan motif-motifnya. Tujuan dari penelitian
ini adalah mengetahui minat konsumen terhadap motif Batik Semen Romo dan
Sekar Jagad, serta mengetahui motif Batik yang paling di minati konsumen.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan
angket. Berdasarkan data yang diperoleh, observasi, beserta penyebaran angket
kepada 30 konsumen UD.Batik Satrio Manah dengan menggunakan rumus
prosentase, dalam aspek warna Batik Semen Romo konsumen menyatakan 22.85%
sangat setuju, 24.76% setuju, 32.86% cukup setuju, 16.20% kurang setuju, dan
3.33% sangat kurang setuju. Sedangkan warna Batik Sekar Jagad konsumen
menyatakan 32.38% sangat setuju, 44.29% setuju, 19.53% cukup setuju, 3.33%
kurang setuju, dan 0.47 % sangat kurang setuju. Warna dan motif batik berpengaruh
secara signifikan terhadap minat konsumen. Responden beranggapan bahwa warna
yang cerah dan motif flora dapat menarik perhatian konsumen dan mereka berminat
dengan batik tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 29 Nov 2022 05:20
Last Modified: 29 Nov 2022 05:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item
View Item