PENGARUH MEDIA DAKON MATEMATIKA (DAKOTA) TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Hidayah, Amiroh Nurul (2020) PENGARUH MEDIA DAKON MATEMATIKA (DAKOTA) TERHADAP KETERAMPILAN BERHITUNG MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (506kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (90kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (127kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Media Dakota, Keterampilan Berhitung, Perkalian dan Pembagian
Penelitian ini didasarkan pada konteks pembelajaran, bahwa tidak
semua siswa tertarik dengan pelajaran matematika. Agar dapat mencapai
pembelajaran yang diharapkan maka dalam pembelajaran harus tercipta suasana
kelas yang menyenangkan. Salah satu cara untuk menciptakan proses belajar
yang diharapkan yaitu dengan bantuan menggunakan media pembelajaran.
Maka disini peneliti memilih media Dakon Matematika (Dakota)
diharapkan bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan karena
pembelajaran akan dilakukan dengan belajar sambil bermain sehingga
pembelajaran tidak akan terasa membosankan. Media dakota ini bertujuan agar
siswa lebih bisa mengembangkan pemahaman konsep matematika dan dapat
melatih keterampilan berhitung siswa. Melalui kegiatan bermain siswa dapat
memahami materi perkalian dan pembagian dengan baik.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif dengan metode
Quasi Experimental Design pada Posttest Only Control Group Design. Sampel
yang digunakan purposive sampling yang dipilih dari kelompok kontrol dan
eksperimen yaitu siswa kelas II SDN Menanggal 601 Surabaya. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar.
Setelah dilakukan penelitian, melalui SPSS 16.0 mendapatkan data
hasil penelitian yaitu data uji normal yaitu kelas eksperimen 0,088 dan kelas
kontrol 0,079. Sehingga dapat dikatakan berdistribusi normal dikarenakan nilai
Signifikan, Uji Homogen sebesar 0,927 jadi dapat disimpulkan data yang telah
disajikan telah homogen, Uji Hipotesis menunjukkan 0,000.
Hasil yang diperoleh adalah terdapat Pengaruh Media Dakon
Matematika Terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas II SDN Menanggal
601 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:07
Last Modified: 20 Dec 2022 12:30
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item
View Item