NISA’, KHOIROTUN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIFTIPE SNOWBALL THROWING TERHADAPHASILBELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VSDNWONOKUSUMO MOJOSARI PADA MATERI ORGANPEREDARAN DARAH. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (1MB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (146kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (106kB)
8. Daftar pustaka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (5MB)
Abstract
Kata Kunci: model snowball throwing, hasil belajar kognitif, organ
peredaran darah.
Kurangnya antusias dan motivasi siswa dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar kognitif
siswa. Dalam proses pembelajaran perlu adanya model-model
pembelajaran yang tepat. Salah satunya yaitu model kooperatif tipe
snowball throwing yang mana model ini dapat menciptakan suasana
belajar menyenangkan, memunculkan antusias siswa serta
memotivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model kooperatif tipe
snowball throwing terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN
Wonokusumo Mojosari pada materi organ peredaran darah.
Penelitian ini tergolong Quasi Experimental Design dengan
bentuk Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes hasil belajar dan observasi terhadap aktivitas guru.
Data diperoleh dengan uji normalitas, uji homogenitas sebagai uji
prasyarat, dan uji t, sedangkan untuk analisis observasi menggunakan
teknik persentase.
Hasil dari penelitian ini yaitu ada pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar kognitif
siswa pada materi organ peredaran darah. Hal ini dibuktikan dengan
nilai posttest dengan model snowball throwing lebih memuaskan
dibandingkan menggunakan model pembelajaran lain selama dua
kali pembelajaran. Signifikansi juga ditunjukkan dari pengujian
hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai yaitu 5,59
2,001717. Penerapan model kooperatif tipe snowball throwing pada
materi organ peredaran darah selama dua kali pembelajaran di kelas
V-B sebagai kelas eksperimen terlaksana sangat baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kadek Ayu PERPUS |
Date Deposited: | 02 Dec 2022 03:14 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 12:29 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2108 |