PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV

Nisa, Khoirun (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (39kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (87kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (302kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Nisa, Khoirun. 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning
(PBL) Terhadap Berpikir Kritis Matematika pada Siswa
Kelas IV. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya,
Pembimbing (1) Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd (2) Imas
Srinana Wardani, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Model PBL, Berpikir kritis siswa, Pembelajaran
Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
PBL terhadap berpikir kritis siswa pembelajaran matematika materi
KPK. Serta mengetahui keterlaksanaan guru dalam menerapkan
model PBL.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dengan desain True Eksperimental Design dengan bentuk rancangan
Posttest Only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SDN
Kebondalem Mojosari dengan menggunakan sampel 2 kelas untuk
pengambilan data. Kelas yang digunakan adalah IV-A sebagai kelas
kontrol dengan jumlah 21 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas
eksperimen dengan numlah 20 siswa. Dengan begitu jumlah sampel seluruhnya dalam penelitian ini adalah sebanyak 41 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian ini didapat bahwa model PBL dapat memberi pengaruh terhadap berpikir kritis siswa kelas IV pembelajaran matematika dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,0000 < 0,05. Dari hasil observasi juga menunjukkan bahwa guru dapat menerapkan model PBL dengan baik dengan dibuktikan hasil rerata observasi sebesar 4,7 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 07:41
Last Modified: 02 Dec 2022 07:41
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item
View Item