PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN PEMANFAATANNYA SISWA KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

Ramadhanti, Risma Nurfilaila (2022) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT PADA MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN PEMANFAATANNYA SISWA KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (692kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (151kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (286kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (26kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Ramadhanti, Risma Nurfilaila. 2022. Penerapan Strategi
Pembelajaran Critical Incident Pada Materi
Kenampakan Alam dan Pemanfaatannya Siswa Kelas
IV SDN Menanggal 601 Surabaya. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi
dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana
Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Achmad Fanani,
S.T., M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Rarasaning
Satianingsih, S.E., M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Critical Incident, Kenampakan
Alam dan Pemanfaatannya.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh strategi pembelajaran yang
belum bervariasi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang
kurang aktif saat pembelajaran serta pemahaman siswa pada pokok
bahasan materi yang disampaikan. Guru sebatas menggunakan strategi
pembelajaran melalui penyampaian dengan menggunakan konsep
materi yang terlalu banyak, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil
belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk
mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada
materi kenampakan alam dan pemanfaatannya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yang
digunakan yaitu siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya. Kelas
yang dijadikan sebagai subjek penelitian adalah kelas IV-B sebanyak
37 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus statistik deskriptif dan ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui bahwa
aktivitas guru dan siswa dalam strategi pembelajaran critical incident berkategori sangat baik. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dan siswa dalam penerapan strategi pembelajaran critical incident sangat baik dan memberikan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:08
Last Modified: 02 Dec 2022 08:08
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2131

Actions (login required)

View Item
View Item