PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA

Ashariyanti, Nova Dwi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (563kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (13kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (83kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Ashariyanti, Nova Dwi, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division
(STAD) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Hang Tuah 10
Juanda. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar.
Fakultas pedagogi dan psikologi. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso.,
M.Pd. pembimbing (2) Cholifah Tur Rosidah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe STAD, IPA, keterampilan
berpikir kritis.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan seberapa
besar pengaruh pembelajaran kooperatif STAD terhadap keterampilan
berpikir kritis Siswa SD Hang Tuah 10 Juanda terhadap pembelajaran
IPA.
Metode pengumpulan data yang akan dilakukan pada penelitian
ini adalah dengan soal posttest. Soal posttest dilakukan pada kelas IVC sebagai kelas kontrol dan kelas IV-D sebagai kelas eksperimen,
jumlah siswa pada tiap kelas sebanyak 18 siswa. Data yang akan
diambil atau diperoleh akan dianalisis menggunakan software SPSS
26. Penguji data yang dilakukan meliputi uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji T-test.
Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa capaian
keterampilan berfikir kritis dengan model pembelajaran kooperatif
STAD lebih tinggi dibandingkan jika tidak menggunakan model
kooperatif STAD. Nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen 85,00
dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 68,3. Untuk pengujian
hipotesis menggunakan uji normalitas diperoleh nilai sig yaitu 0,277 dan 0,062 yang berarti > 0,05 maka hasilnya Ho diterima. Uji homogenitas bahwa sig = 0,209 diartikan jika nilai sig > dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa kedua sampel penelitian bersifat homogen. Dan uji T-test nilai sig yang diperoleh adalah 0,043 (kelas eksperimen) dan 0,043 (kelas kontrol) dengan ketentuan jika sig < 0,05 maka data tersebut ada pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe STAD terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:12
Last Modified: 02 Dec 2022 08:12
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item
View Item