ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS V DI SDN KEMASANTAN

Putri, Nurilita Syafira (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS V DI SDN KEMASANTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (418kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (8kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (27kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (138kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Putri, Nurilita Syafira. 2022. Analisis Kesalahan Siswa dalam
Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Operasi
Hitung Campuran Kelas V di SDN Kemasantani. Skripsi.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso, M.Pd. Pembimbing (2)
Cholifah Tur Rosidah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: soal cerita matematika, operasi hitung campuran, analisis
Newman.
Matematika merupakan salah satu muatan pelajaran yang
memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Soal cerita sudah
tidak asing lagi dalam muatan pelajaran ini, dimana siswa akan
dihadapkan pada suatu masalah yang harus diselesaikan dengan
pemahaman soal dan konsep yang baik. Salah satu konsep dasar dalam
matematika yang harus dikuasai yaitu operasi hitung campuran.
Penyelesaian soal cerita operasi hitung campuran memerlukan
ketelitian, dimana siswa harus mampu memahami permasalahan dan
menentukan operasi hitung yang digunakan. Hal ini berpotensi terjadi
kesalahan apabila siswa tidak mampu memahami permasalahan
dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk
kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan pada analisis kesalahan
Newman serta mengetahui penyebab siswa melakukan kesalahan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara dan dokumentasi.
Subjek penelitian yaitu siswa kelas V di SDN Kemasantani yang
berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa tipe atau
bentuk kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesalahan membaca soal, kesalahan memahami soal, kesalahan tranformasi soal, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan menuliskan jawaban dengan tipe kesalahan terbanyak terjadi pada tipe memahami soal dan kesalahan terkecil terjadi pada tipe membaca soal. Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa yaitu kesulitan dalam memahami soal, lupa, tidak teliti, dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 02 Dec 2022 08:26
Last Modified: 02 Dec 2022 08:26
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2135

Actions (login required)

View Item
View Item