PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA

Wulan, Dewi Candra (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS V SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN  DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (205kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (334kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (440kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wulan, Dewi Candra. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based
Learning Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Siswa Kelas
V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
(1) Danang Prastyo, S.Pd., M.Pd, (2) Imas Srinana Wardani,
S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Berpikir Kritis,
Materi Sistem Peredaran Darah Manusia.
Model pembelajaran problem based learning merupakan model
pembelajaran yang berbasis masalah sehingga menjadikan siswa menjadi
lebih aktif dalam berpikir kritis, dengan bantuan video dapat menghadirkan
suasana belajar menjadi menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan
tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based
learning berbantuan youtube terhadap kemampuan berpikir kritis pada
materi sistem peredaran darah manusia dan untuk mengetahui pelaksanaan
pendidik dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning
berbantuan video pada materi sistem peredaran darah manusia siswa kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya dengan sampel seluruh kelas V. Jenis penelitian ini merupakan penelintian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian desain penelitian Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design dengan posttest only. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian ini adalah nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Maka dengan demikian Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan video terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem peredaran darah manusia kelas V SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:09
Last Modified: 05 Dec 2022 03:09
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item
View Item