PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 59 SURABAYA

Putri, Fiolita Widya (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 59 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (261kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (102kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student
Teams Achievement Division),Aktivitas belajar siswa,hasil belajar
siswa,respon siswa.
Latar belakang penelitian ini adalah siswa mengalami
kesulitan dalam belajar maupun menyelesaikan suatu permasalahan
matematika sehingga siswa kurang tertarik terhadap pelajaran
matematika. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya keaktifan belajar
siswadan hasil belajar kurang optimal. Untuk mengatasi permasalah
tersebut dilakukan penelitian untuk memperbaiki proses
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD (Student Teams Achievement Division) yang lebih
menekankan pada pembelajaran individu dan kerja sama kelompok
yang diharapkan dapat memberikan hasil yang optimal.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas,
hasil belajar dan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran
kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain
penelitian One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 59 Surabaya dan sampel
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-E di SMP Negeri 59
Surabaya.
Hasil dari penelitian ini yaitu aktivitas siswa yang relevan
memperoleh presentase sebesar 92%,hasil belajar siswa secara
klasikal memperoleh presentase sebesar 82,05%,dan rata-rata respon
siswa positif sebesar 84,36% sedangkan respon siswa negatif sebesar
15,64%. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan
pengaruh yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:03
Last Modified: 20 Dec 2022 12:17
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item
View Item