PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MUATAN IPA KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA

Mardani, Putri Ayudha Anugraini (2022) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MUATAN IPA KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (548kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (287kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (315kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (195kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Mardani, Putri. A. A. 2022. Pengaruh Problem Based Learning Berbantu
Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Kelas IV SD Hang Tuah 10 Junada Pada Muatan IPA. Program Studi
Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. “Skripsi”
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Pembimbing: (1) Drs. Triman
Juniarso, M.Pd. (2) Via Yustitia, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: IPA, Berpikir Tingkat Tinggi, Problem Based Learning.
Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran IPA di
Indonesia pada tingkat SD masih belum terasah dengan baik. Rendahnya
kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA ini disebabkan karena dalam proses
KBM masih cenderung berpusat pada guru (teacher cntered), serta
keterbatasan media pembelajaran yang digunakan oleh guru yang menjadi
kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based
Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada muatan IPA kelas
IV di SD Hang Tuah 10 Juanda dan keterlaksanaan pembelajaran dengan
menggunakan model Problem Based Learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi
Experimental Design. Dengan menggunakan Posttest Only Control Design.
Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas IV A sebagai kelas
eksperimen berjumlah 27 siswa dan IV C sebagai kelas kontrol sebanyak 27
siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling
dengan teknik jenis Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrument berupa tes berpikir tingkat tinggi. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji independent sampel test yang dilakukan dengan bantuan program aplikasi SPSS vs 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Problem Based Learning terlaksana dengan baik terbukti dari skor hasil keterlaksanaan 87% dengan kategori “Baik”. (2) berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji independent sampel test menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh yaitu dengan nilai sig sebesar 0.000. dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa H₀ ditolak dan H₁ diterima. Berarti dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran Problem Based Learning berbantu media audio visual terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada muatan IPA kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:04
Last Modified: 05 Dec 2022 03:04
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item
View Item