PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA

Wandari, Septisia (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II SDN DUKUH MENANGGAL 1 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN SEPTI FIKS.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN SEPTI FIKS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. SKRIPSI SEPTISIA ABSTRAK 6-7.pdf] Text
2. SKRIPSI SEPTISIA ABSTRAK 6-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (281kB)
[thumbnail of 3. SKRIPSI SEPTISIA BAB 1 -17-22.pdf] Text
3. SKRIPSI SEPTISIA BAB 1 -17-22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (323kB)
[thumbnail of 8 DAPUS.pdf] Text
8 DAPUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (477kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Wandari, Septisia. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri
Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas II SDN
Dukuh Menanggal 1 Surabaya. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan
Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Ida Sulistyawati, S.H., M.Pd.
Pembimbing (2) Imas Srinana Wardani, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Media gambar seri, Keterampilan menulis
Menulis merupakan kegiatan yang sangat erat kaitannya
dengan pembelajaran, tidak terkecuali pembelajaran disekolah dasar.
Keterampilan menulis sangat dibutuhkan di semua jenjang
pendidikan, menulis dapat membantu mengaktifkan peserta didik
dalam mengumpulkan dan menyajikan informasi, maka dari itu
diperlukan media yang cocok digunakan dalam peningkatan
keterampilan menulis di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar seri terhadap
keterampilan menulis siswa kelas II SDN Dukuh Menanggal 1
Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design. Subjek
penelitian ini adalah kelas IIA dan II B di SDN Dukuh Menanggal 1
Surabaya. Kelas II A sebagai kelompok eksperimen dan kelas II B sebagai kelompok kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah Total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa lembar tes. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis atau uji-t, data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebihbaik secara signifikan dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil Independent sample test menggunakan SPSS Versi 20 menunjukkan bahwa hasil penelitian nilai t-hitung yang diperoleh yaitu (0,000). Artinya dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara media gambar seri dengan keterampilan menulis siswa kelas II SDN Dukuh Menanggal 1 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:58
Last Modified: 05 Dec 2022 02:58
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item
View Item