Kombong, Eunike (2022) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA VIRTUAL LEARNING MICROSOFT TEAMS 365 DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS 5 SDN TENGGILIS MEJOYO 1. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (559kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (127kB)
3. BAB I .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (230kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (227kB)
Abstract
Kombong, Eunike. 2022. Keefektifan Penggunaan
Media Virtual Learning Microsoft Teams 365
dalam Proses Pembelajaran Kelas 5 SDN
Tenggilis Mejoyo 1. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas
Pedagogi dan Psikologi, Universitas PGRI
Adi Buana Surabaya. Dosen Pembimbing (1)
Drs. Achmad Fanani, ST., M.Pd. (2) Dr.
Rarasaning Satianingsih, SE., M.Pd.
Kata Kunci: Keefektifan, Virtual Learning, Microsoft
Teams 365, Pembelajaran.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi
yang berakibat pembelajaran mengalami hambatan
karena adanya pandemi yang mengharuskan
pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk
menjaga jarak dan berakibat pada kegiatan
pembelajaran, sehingga proses pembelajaran harus
dilakukan secara daring (E-learning). Dalam proses
pembelajaran daring ini media yang digunakan yaitu
Microsoft Teams 365. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas media Microsoft Teams 365
sebagai media pembelajaran daring. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik
pengambilan data dalam penelitian ini berisi penjelasan tentang tahapan-tahapan untuk menganalisis data statistik beserta alasannya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan statistika deskriptif karena melakukan penyajian data
menggunakan tabel, perhitungan data mean, rata-rata,
persentase. Teknik pengambilan data dalam penelitian
ini menggunakan angket untuk mmengetahui respon
guru tentang keefektifan penggunaan penggunaan
media virtual learning Microsoft Teams 365 yang
berjumlah 30 responden dengan jumlah 20 pernyataan
dan tes pemahaman siswa setelah melakukan proses
pembelajaran daring menggunakan media Microsoft
Teams 365, dengan jumlah 31 siswa dan 5 soal
pertanyaan di SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.
Berdasarkan perhitungan rata-rata dan persentase yang didapatkan serta kriteria hasil angket dan tes pemahaman siswa didapatkan hasil penelitian berupa hasil respon guru pada angket yaitu 73% yang termasuk dalam kriteria “Cukup efektif” dan hasil tes pemahaman siswa dengan persentase 83% dengan kriteria “Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media virtual learning Microsoft Teams 365 cukuf efektif dan sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran di SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:13 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:13 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2155 |