EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PMR (PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII-D DI SMP NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO

Irwansah, Rahardian Singgih Dwi (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PMR (PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII-D DI SMP NEGERI 1 WONOAYU SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (839kB)
[thumbnail of Abstrak-2015C_Rahardian Singgih Dwi Irwansah_155500092 - Copy.pdf] Text
Abstrak-2015C_Rahardian Singgih Dwi Irwansah_155500092 - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (167kB)
[thumbnail of BAB I A5.pdf] Text
BAB I A5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (195kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjenis kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas
pembelajaran matematika yang dilihat dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran,
ketuntasan hasil belajar siswa, dan respon siswa selama diterapkanya model pembelajaran
matematika realistik dalam pembelajaran matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan
bentuk aljabar kelas VII-D SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Subyek penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo tahun pelajaran 2018-2019, dengan jumlah
32 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, tes dan angket.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Aktivitas siswa selama proses
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran matematika realistik dikategorikan aktif
sekali, (2) Hasil belajar setelah diterapkanya model pembelajaran matematika realistik di kelas
VII-D SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo tuntas secara klasikal, (3) Respon siswa dikategorikan
positif. Dari ketiga indikator diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran
matematika realistik (PMR) pada materi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas
VII-D SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo dapat dikatakan efektif.
Kata Kunci: Efektivitas, Matematika Realistik, Bentuk Aljabar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kadek Ayu PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:19
Last Modified: 20 Dec 2022 12:15
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item
View Item