PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV

Hudayanti, Dina Valentina Feby Tri (2022) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (555kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (65kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (80kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (138kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Hudayanti, Dina Valentina Feby. 2022. Pengembangan Modul Digital Interaktif pada Materi Luas Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso, M.Pd. Pembimbing (2) Via Yustitia, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Modul digital, interaktif, luas bangun datar
Modul digital interaktif untuk pada materi luas bangun datar untuk siswa kelas IV ini dilatar belakangi oleh, kurangnya variasi penggunaan bahan ajar, terutama pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar Negeri Kepuh Kiriman 1. Modul digital interaktif dapat digunakan belajar mandiri karena siswa mendapatkan feedback (skor) secara langsung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan proses pengembangan modul digital interaktif pada materi luas bangun datar untuk siswa kelas IV dan mengetahui kelayakannya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau yang biasa dikenal dengan Research and Development (R&D). Dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluasi). Namun dibatasi pada tahap Analysis, Design dan Development. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian pengembangan yang digunakan untuk menilai kelayakan modul digital inetraktif yaitu berupa angket kelayakan produk. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif untuk proses pengembengan produk dan analisis kuantitatif untuk mengetahui kelayakan produk.
Hasil dari penelitian ini berupa (1) produk hasil pengembangan melalui tiga tahap yaitu Analisis (analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis isi/materi), Design (tahap yang digunakan untuk membuat kerangka isi modul digital interaktif), dan Development (berupa produk hasil pengembangan). (2) Hasil uji kelayakan produk pengembangan modul digital interaktif pada materi luas bangun datar untuk siswa kelas IV mendapatkan keterangan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:04
Last Modified: 05 Dec 2022 03:04
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2174

Actions (login required)

View Item
View Item