PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SDN Dr. SUTOMO V/327 SURABAYA

DARLIN, ALMIRA (2022) PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SDN Dr. SUTOMO V/327 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (603kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (52kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (165kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Darlin, Almira. 2021. Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas IV SDN Dr. Sutomo V/327 Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Rarasaning Satianingsih, S.E., M.Pd. Pembimbing (2) Cholifah Tur Rosidah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: LKPD, HOTS, tematik, hasil belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya LKPD berbasis HOTS pada pembelajaran tematik. LKPD berbasis HOTS digunakan dalam penelitian ini dengan tujuan pembelajaran yang aktif interaksi antara guru dengan peserta didik maupun peserta didik dengan peserta didik serta meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik.. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu mengetahui hasil belajar tematik peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakukan LKPD berbasis HOTS.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen pada peserta didik kelas IV di SDN Dr. Sutomo V/327 Surabaya dengan populasi 281 peserta didik yang terdistribusi merata pada 8 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik post-test only control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas IV A - IV H. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan LKPD tematik berbasis HOTS dan kelas kontrol diberi pembelajaran seperti yang biasa dilaksanakan di sekolah berupa ceramah dan demonstrasi. Penelitian dilakukan di SDN Dr. Sutomo V/327 Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan berupa test (post test).
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan menggunakan LKPD berbasis HOTS pada pembelajaran tematik Tema 3 Sub Tema 2 Pembelajaran 1 peserta didik SDN Dr. Sutomo V/327 Surabaya berdasarkan uji One Way Anova dengan sig. kurang dari 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:44
Last Modified: 05 Dec 2022 03:44
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2181

Actions (login required)

View Item
View Item