PENGARUH COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN BONEKA PUPPET TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA KELAS III SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA

SARI, RIKE WIYAS (2022) PENGARUH COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN BONEKA PUPPET TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA KELAS III SDN TENGGILIS MEJOYO I SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. skripsi rike wiyas halaman depan.pdf] Text
1. skripsi rike wiyas halaman depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (323kB)
[thumbnail of 2. skripsi rike wiyas abstrak.pdf] Text
2. skripsi rike wiyas abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (15kB)
[thumbnail of 3. skripsi rike wiyas bab 1.pdf] Text
3. skripsi rike wiyas bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (94kB)
[thumbnail of 8. skripsi rike wiyas dapus.pdf] Text
8. skripsi rike wiyas dapus.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (8kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Sari, Rike Wiyas. 2021. Pengaruh Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbantuan Boneka Puppet Terhadap Keterampilan Bercerita Kelas III SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso, M.Pd. Pembimbing (2) Via Yustitia, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), boneka puppet, keterampilan bercerita. Keterampilan bercerita diperlukan untuk membantu peserta didik untuk berlatih mendengarkan dan berkomunikasi dengan orang lain dalam kesehariannya. Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) merupakan model dimana siswa dibentuk secara kelompok saat pembelajaranberlangsung agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri saat bercerita karena lebihdekat dengan teman- temannya. Media boneka puppet dipilih karena peserta didik mampu beriteraksi dengan boneka puppet dan sangat sederhana tidak membutuhkan banyak tempat maupun waktu pembuatan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan boneka puppet terhadap keterampilan bercerita Kelas III SDN Tenggilis Mejoyo I Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design. Populasi adalah kelas III tahun ajaran 2021- 2022 di SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. Sampel diambil dengan teknik non probability sampling sehingga didapat 3A kelas eksperimendan 3B kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah tes dan teknik uji T dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas yang menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan boneka puppet terhadap keterampilan bercerita peserta didik. Hal ini ditunjukkan rata- rata kelas eksperimen kemampuan bercerita peserta didik menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) berbantuan boneka puppet lebih baik dari pada kelas kontrol yang tidak menggunakannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:58
Last Modified: 05 Dec 2022 03:59
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2183

Actions (login required)

View Item
View Item