PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV TEMA 1 SUBTEMA 1 PB 1 SDN KEBONDALEM MOJOSARI

Purwantiningtiyas, Kennia Ayu (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV TEMA 1 SUBTEMA 1 PB 1 SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (863kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (6kB)
[thumbnail of 3 BAB I.pdf] Text
3 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (80kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (76kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Purwantiningtiyas, Kennia Ayu. 2022. Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas IV
Tema 1 Subtema 1 PB 1 SDN Kebondalem Mojosari.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Pedadogi dan Psikologi Universitas PGRI
Adibuana Surabaya. Pembimbing (I) Danang Prastyo,
S.Pd., M.Pd. Pembimbing (II) Susi Hermin
Rusminati,S.Pd., M.Pd
Kata Kunci : Problem Based Learning, Tematik
Penenilitian ini dilatarbelakangi oleh Problem based learning
yang diakui sebagai metode pembelajaran KBK (Kurikulum
Berbasis Kopetensi), yang ada pada metode ini aktivitas siswa dalam
menggali / mencari tahu informasi serta memanfaatkan informasi
tersebut untuk memecahkan masalah yang di berikan oleh pendidik.
Dengan menggunakan metode PBL pendidik dapt mengetahui sikap,
pengetahuan dan keterampilan siswa dalam belajar. Teknik
menunjukkan suatu kata yang abstrak dalam mewujudkan benda
yang hanya dapat diperlihatkan penggunaanya.
Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif untuk
memperoleh data yang diinginkan dengan ini dapat menggunakan
berbagai dua teknik sebagai berikut a. Tes Serangkaian pertanyaan
adalah serangkaian pertanyaan atau latihan yang digunakan untuk
mengukur keterampilan pengetahuan, intelegensi. b. Observasi
Menurut Observasi adalah suatu cara untuk mengadakan penilaian
dengan jalan mengadakan pengamatan secara langsung dan
sistematis.
Berdasarkan hasil penelitian observasi maupun tes
pembahasan dari Penerapan Model Pembelajaran Problem Based
Learning pada Karakter Mandiri Siswa Kelas IV SDN Kebondalem
Mojosari. Diketahui bahwa 10% siswa tidak mampu bekerjasama
memecahkan masalah dalam soal tersebut. Namun siswa dapat
menunjukkan hasil positif karakter mandiri yang dimilikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:42
Last Modified: 05 Dec 2022 04:42
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2191

Actions (login required)

View Item
View Item