PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA

UNNAZIKAH, DZIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDN MENANGGAL 601 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (580kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (212kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (123kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (254kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Unnazikah, Dzia. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fajultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso, M.Pd., (2) Dr. Cholifah Tur Rosidah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: model pembelajaran LSQ, hasil belajar tematik.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar tematik siswa pada pembelajaran yang masih rendah. Oleh karena itu, peneliti mengusulkan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran LSQ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran LSQ terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel non robability sampling yang salah satunya purposive sampling. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang terbagi dalam kelas IV-A, IV-B, dan IV-C. Namun, sampel yang terpilih sesuai dengan tujuan penelitian adalah kelas IV-A sebagai kelas kontrol, dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen. Dengan variabel bebas yaitu model pembelajaran LSQ, dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dengan jenis posttest, dan instrumen penelitian ini menggunakan lembar tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotestis (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data proses kedua kelompok menggunakan uji hipotesis (uji-t) diperoleh thitung sebesar 11,43 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,994, maka thitung ≥ ttabel. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran LSQ terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN Menanggal 601 Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:58
Last Modified: 05 Dec 2022 04:58
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item
View Item