PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 SUKODONO TAHUN AJARAN 2018/2019

Insan, Nadya Nadzifatul (2019) PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 2 SUKODONO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (423kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (192kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (165kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: self-efficacy, hasil belajar.
“Matematika” bagi siswa yang mendengarnya mereka akan
sangat responsif ada yang tertawa, mendengus, mengatakan “aduh”,
bahkan ada yang terdiam melirik-lirik temannya. Sehingga timbul
pertanyaan “kenapa?” padahal mereka hanya mendengar kata
“matematika”. Siswa beranggapan mereka tidak mampu
mengerjakan soal-soal matematika. Mereka tidak yakin dengan
dirinya sendiri, keyakinan yang dimaksud adalah self-efficacy.
Padahal keyakinan akan mendorong siswa dalam menyelesaikan
tugas. Jika siswa tidak memiliki keyakinan pada dirinya bukankah
akan berdampak pada penyelesaian tugasnya?. Hal inilah yang
melatar belakangi penulis untuk melakukan penelitian.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau
tidaknya pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar matematika
siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah kelas 8
yang terdiri dari 10 kelas, dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh sampel
yakni kelas VIII-B yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan
data yang digunakan peneliti adalah tes dan angket. Adapun teknik
analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis data, regresi linear
sederhana menunjukkan bahwa nilai dari ,
dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 0,05 sehingga
diperoleh dimana nilai yaitu
. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar matematika
siswa SMPN 2 Sukodono Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:56
Last Modified: 05 Dec 2022 04:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2196

Actions (login required)

View Item
View Item