ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN ANALISIS KESALAHAN NEWMAN SISWA KELAS VII SMP KARTIKA NASIONAL PLUS SURABAYA

CRISJAYANTI, RATIH ERLINDA (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN ANALISIS KESALAHAN NEWMAN SISWA KELAS VII SMP KARTIKA NASIONAL PLUS SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (921kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (35kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (107kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Soal Cerita, Analisis Kesalahan Siswa, Analisis
Kesalahan Newman
Penelitian ini dilatar belakangi karena, masih banyaknya
siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal
matematika. Kesalahan yang sering dilakukan adalah kesalahan
menyelesaikan soal cerita. Soal cerita merupakan soal yang dapat
disajikan dalam bentuk lisan maupun tulisan, bentuk soal yang
disajikan dalam kalimat yang menceritakan kehidupan sehari-hari
yang diselesaikan secara sistematis. Dalam mengetahui kesalahan
siswa kita menggunakan Analisis Kesalahan Newman. Analisis
kesalahan Newman mempunyai 5 tahap untuk mengetahui letak
kesalahan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
kesalahan siswa, mendeskripsikan penyebab siswa membuat
kesalahan setelah dianalisis menggunakan Analisis Kesalahan
Newman. Jenis penelitan ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.
Pengambilan data dimulai dengan memberi tes kepada 1 kelas dan
mengambil 3 siswa untuk dijadikan subyek dan subyek yang terpilih
diwawancara untuk pengambilan data lebih lanjut. Teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik deskriptif, menggunakan
triangulasi waktu untuk mengabsahkan data.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah siswa
melakukan kesalahan pada memahami masalah, transformasi,
keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir, dan faktor
penyebab siswa membuat kesalahan ditemukan, sehingga siswa perlu
diberi latihan dengan soal cerita terus menerus maka siswa dapat
meningkatkan pengetahuan dan dapat mengerjakan soal cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 05:20
Last Modified: 05 Dec 2022 05:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item
View Item