ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLTV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Andana, Fitri Ayu (2019) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLTV DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (744kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (133kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (109kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN fix.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN fix.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: kemampuan memecahkan masalah matematika, field
independent, field dependent.
Pemecahan masalah memegang peran yang sangat penting
dalam pembelajaran matematika. Pemecahan masalah matematika
memerlukan strategi dengan melibatkan proses kognisi dalam
memahami masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi SPLTV
ditinjau dari gaya kognitif.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan
teknik tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah kelas X IPA 3
SMA Dr. Soetomo Surabaya dengan dua siswa FI dan dua siswa FD.
Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri, tes GEFT, lembar
tes soal pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Analisis data
meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk subjek FI dapat
memahami pernyataan verbal dari masalah dan mengubahnya ke
dalam kalimat matematika, lebih analitis dalam menerima informasi,
bekerja dengan pemikirannya sendiri, dapat memperluas hasil
pemecahan masalah dan memperoleh jawaban yang benar. Untuk
subjek FD dapat memahami pernyataan verbal dari masalah dan
mengubahnya ke dalam kalimat matematika, lebih global dalam
menerima informasi, tidak dapat memperluas hasil pemecahan
masalah dan sering tidak memperoleh jawaban yang benar. Simpulan
dari penelitian ini adalah siswa FD cukup mampu memenuhi
indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Polya.
Sedangkan siswa FI mampu memenuhi indikator kemampuan
pemecahan masalah menurut Polya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:02
Last Modified: 05 Dec 2022 06:02
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2207

Actions (login required)

View Item
View Item