PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV TEMA 2 (SELALU HEMAT ENERGI) SUBTEMA 2 (MANFAAT ENERGI) PEMBELAJARAN 2 SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO

Aqmarina, Lutfi Nur (2019) PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PECAHAN SENILAI SISWA KELAS IV TEMA 2 (SELALU HEMAT ENERGI) SUBTEMA 2 (MANFAAT ENERGI) PEMBELAJARAN 2 SDN SEDATI GEDE II SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 2._LAMPIRAN_AWAL.pdf] Text
2._LAMPIRAN_AWAL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (3MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (129kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (114kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Aqmarina, Lutfi. Nur. Pengaruh Metode Tutor Sebaya terhadap PemahamanMateri Pecahan Senilai Tema 2(Hemat Energi) Subtema 2(Manfaat Energi) Pembelajaran 2 Siswa Kelas IV SDN Sedati Gede II Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. H. Atnuri, S.H., M.Pd, (2) Dra.Dian Kusmaharti, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci :Metode Tutor Sebaya, Pemahaman Materi Pecahan Senilai.
Penelitian ini berdasarkan kenyataan dilapangan siswa yang menganggap materi dalam mata pelajaran matematika khususnya di materi pecahan senilai. Peranan metode pembelajaran ini sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang dapat
membuat aktif siswa dan suasana belajar menjadi menyenangkan sehingga tercipta kenyamanan belajar dan proses pembelaharan menjadi lancar, karena materi tersampaikan dengan baik. Metode pembelajaran tutor sebaya salah satu contoh dari metode yang aktif dan menyenangkan untuk siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui adanya pengaruh tutor sebaya terhadap pemahaman materi pecahan senilai siswa kelas IV SDN Sedati Gede II Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasi Eksperimental Design-Posttest Only Control Design. Sampel penelitian siswa kelas IV yang Berjumlah 150 siswa, menggunakan Non Probability Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi dan Tes. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa menggunakaan metode tutor sebaya sangat baik dan terdapat pengaruh dalam pemahaman materi pecahan senilai siswa kelas IV SDN Sedati Gede II Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:18
Last Modified: 05 Dec 2022 07:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2209

Actions (login required)

View Item
View Item