PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS II DI SDN KEBONDALEM MOJOSARI

Cahyani, Revita Putri (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS II DI SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (688kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (236kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (338kB)
[thumbnail of 8. daftar pusataka dan lampiran.pdf] Text
8. daftar pusataka dan lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Cahyani, Revita Putri. 2019. Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Kelas II Di SDN Kebondalem Mojosari. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: (1) Apri Irianto, S.H., M.Pd., (2) Via Yustitia,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: karakter, mandiri, kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter
kemandirian peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan
penelitian ini untuk mendeskripsikan pembentukan karakter mandiri dan kendala yang dialami dalam pembentukan karakter mandiri melalui kegiatan pembelajaran di SDN Kebondalem Mojosari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, hasil wawancara, dan hasil dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah narasumber/informan terdiri dari kepala sekolah, guru kelas II, dan peserta didik, aktivitas, tempat, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah pembentukan karakter mandiri peserta didik kelas II diterapkan melalui kegiatan absen mandiri, menyanyikan yel-yel, tugas mandiri, diskusi kelompok, presentasi, dan menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Kendala yang dialami yaitu kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat, dan kendala pelaksanaan pembelajaran yang memuat karakter kemandirian peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:56
Last Modified: 05 Dec 2022 06:56
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2211

Actions (login required)

View Item
View Item