PENERAPAN MEDIA KANJIN (KANTONG AJAIB NELAYAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENALAR PADA MATERI IPS TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 PESERTA DIDIK KELAS IV SDN KEBONDALEM MOJOSARI

Putry, Brigitha Stya (2019) PENERAPAN MEDIA KANJIN (KANTONG AJAIB NELAYAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENALAR PADA MATERI IPS TEMA 4 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 PESERTA DIDIK KELAS IV SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (553kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (92kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (105kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (12MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Putry, Brigitha Stya. 2019. Penerapan Media Kanjin (Kantong
Ajaib Nelayan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menalar
Pada Materi Ips Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Peserta
Didik Kelas IV SDN Kebondalem Mojosari. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Dr. Rarasaning Satianingsih, S.E., M.Pd. (2) Wahyu Susiloningsih, S.Pd.,M.Pd.
Kata kunci: media Kanjin, hasil kemampuan menalar
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada kurikulum
2013 peserta didik diharapkan memiliki keterampilan berpikir
kritis yang dapat dilakukan dengan kegiatan penalaran kritis,
kreatif, dan reflektif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan media KANJIN (Kantong Ajaib Nelayan) untuk mengajak peserta didik menggunakan kemampuan menalarnya. KANJIN (Kantong Ajaib Nelayan) merupakan salah satu media yang menarik yang dapat mempermudah peserta didik memahami pelajaran IPS materi pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan proses penerapan media KANJIN (Kantong Ajaib Nelayan) dalam menumbuhkan kemampuan menalar pada materi IPS tema 4 subtema 2 pembelajaran peserta didik kelas IV SDN Kebondalem Mojosari. (2) mendeskripsikan kemampuan menalar peserta didik kelas IV SDN Kebondalem dalam menjawab pertanyaan pada materi IPS tema 4 subtema 2 pembelajaran 1.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif.
Populasi yang digunakan adalah kelas IV-A SDN Kebondalem
Mojosari. Sampel yang diambil adalah 30 peserta didik kelas IV-A SDN Kebondalem Mojosari. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi dan tes hasil kemampuan menalar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan media KANJIN (Kantong Ajaib Nelayan) meningkatkan kemampuan menalar diketahui melalui observasi aktivitas peserta didik. Kriteria baik dengan persentase yang diperoleh sebesar 86,5%, aktivitas pendidik termasuk ke dalam kriteria sangat baik dengan perolehan sebesar 91,4%. Sedangkan untuk hasil belajar mendapatkan hasil yang baik dengan perolehan persentase sebesar 85,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 06:45
Last Modified: 05 Dec 2022 06:45
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2213

Actions (login required)

View Item
View Item