PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 MATERI PERSAMAAN LINGKARAN UNTUK SMA KELAS XI

ANI, ROHMA FITRI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 MATERI PERSAMAAN LINGKARAN UNTUK SMA KELAS XI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (631kB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (118kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (107kB)
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf] Text
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: media pembelajaran, macromedia flash 8, model
pengembangan 4-D
Teknologi computer sangat erat dalam kehidupan masyarakat di
zaman modern. Kurangnya pengetahuan akan teknologi membuat
beberapa tenaga pengajar tidak bias memanfaatkan computer terutama
sebagai media pembelajaran di dalam kelas sehingga pembelajaran
dilakukan manual yang membuat siswa bosan. Untuk mengatasi
masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran
menggunakan macromedia flash 8 pada materi persamaan lingkaran
yang dapat meningkatkan minat belajar serta membantu siswa untuk
berpikir kreatif dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan serta mengetahui
efektifitas penggunaan media pembelajaran matematika
menggunakan macromedia flash 8 materi persamaan lingkaran untuk
siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini merupakan Research and
Development (R&D) berdasarkan model pengembangan 4-D.
prosedur yang digunakan dibatasi hanya 3 dari 4 tahap, yaitu: 1)
Define, 2) Design, dan 3) Develop.
Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran yang
telah dinyatakan valid dan efektif digunakan secara keseluruhan
sebagai media pembelajaran oleh 2 ahli materi dengans kor rata-rata
4,39 dan ahli media dengan skor rata-rata 4,21 dari skor maksimal
kevalidan 5. Sedangkan angket respon siswa media pembelajaran di
nyatakan “Baik” oleh uji small group dan uji big group dengan skor
rata-rata 4,16 dan 4,21 serta 100% siswa memenuhi nilai ketuntasan
belajar. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran valid dan
efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi (FST) > Pendidikan Matematika
Depositing User: Bambang Hadi PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:33
Last Modified: 05 Dec 2022 07:33
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2231

Actions (login required)

View Item
View Item