Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV SDN Kepuh Kiriman I Waru

Anggraini, Novi Dela (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas IV SDN Kepuh Kiriman I Waru. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

[thumbnail of 1. Halaman Depan.pdf] Text
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (900kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (18kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (122kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (137kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://unipasby.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya peran aktif siswa saat pembelajaran berlangsung terutama pada pembelajaran matematika. Hal tersebut terjadi karena siswa menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit karena ada banyak aturan yang perlu dipahami dan penuh dengan hitungan. Selain itu guru sebatas menggunakan metode pembelajaran yang konvensional dan minimnya penggunaan media pembelajaran sehingga siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada pembelajaran dengan tutor sebaya serta untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan metode pembelajaran tutor sebaya di kelas IV-C SD Negeri Kepuh Kiriman I Waru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-C dengan jumlah 17 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi selama pembelajaran berlangsung dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi serta angket dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar angket. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada kelas IV-C dapat menumbuhkan serta mengembangkan aktivitas siswa, karena hampir semua siswa terlibat aktif dan sangat antusias dalam kegiatan pembelajaran, baik kegiatan klasikal maupun kelompok. Respon siswa pada proses vi pembelajaran dengan penerapan metode tutor sebaya mendapat respon yang baik/positif dari siswa. Dengan tutor sebaya siswa tutee lebih berani untuk bertanya mengenai materi yang belum mereka pahami, karena menurut siswa tutee bahasa yang digunakan oleh tutor sebaya lebih mudah dipahami.
Kata Kunci: metode pembelajaran tutor sebaya, pecahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Endah Yuni PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:51
Last Modified: 05 Dec 2022 07:51
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2235

Actions (login required)

View Item
View Item