PENGARUH TEKNIK CiLukBa TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SDN GAYUNGAN II SURABAYA

KHOFIFAH, ANINDHITA NURUL (2022) PENGARUH TEKNIK CiLukBa TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SDN GAYUNGAN II SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (11kB)
[thumbnail of 3. BAB 1.pdf] Text
3. BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (130kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (128kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Khofifah, Anindhita Nurul. 2022. Pengaruh Teknik CiLukBa Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar SDN Gayungan II/423 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd. (2) Via Yustitia, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Teknik CiLukBa, Keterampilan Menulis Cerita
Pembelajaran menulis cerita sering kali mengalami kesulitan, anak tidak mampu untuk menjabarkan ide yang dimilikinya dalam sebuah kalimat. Dengan adanya teknik CiLukBa yang memiliki tiga tahapan, pertama yaitu titik awal pengenalan atau Ci siswa akan memulai menulis cerita yang ditemui di kehidupan sehari-hari. Bagian tengah terdapat Luk atau konflik. Di akhir atau Ba yang artinya penyelesaian masalah atau konflik yang ada pada cerita. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Teknik CiLukBa terhadap keterampilan menulis cerita pada kelas V sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan postest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gayungan II/423 Surabaya. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling cluster random. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes uraian berupa lembar soal tes menulis cerita. Analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji normalitas, dan uji T.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh teknik CiLukBa terhadap keterampilan menulis cerita pada kelas V sekolah dasar. Hal ini dituunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap keterampilan menulis cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 07:59
Last Modified: 05 Dec 2022 07:59
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2238

Actions (login required)

View Item
View Item