IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SD

ADILINGTYAS, SISILIA (2022) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SD. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (868kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (158kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (290kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (94kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Sisilia, Adilingtyas. 2022. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi FPB dan KPK Kelas IV SD. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Rarasaning Satianingsih, S.E., M.Pd. Pembimbing (2) Cholifah Tur Rosidah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Pembelajaran Matematika
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang wajib diajarkan kepada siswa mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Tetapi masih banyak siswa yang menghindari pembelajaran matematika, karena mereka beranggapan bahwa matematika termasuk pelajaran yang sulit, serius dan hanya berisi berbagai kumpulan rumus serta penuh dengan konsep-konsep. Pemahaman konsep yang salah akan mempengaruhi pemahaman konsep-konsep lainnya, karena konsep-konsep tersebut saling berkaitan. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian dengan judul Identifikasi Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ceita Matematika Materi FPB dan KPK Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami siswa dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan miskonsepsi dalam menyelesaikan soal cerita FPB dan KPK Kelas IV SD.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kelas IV-C di SDN Margorejo 1 Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa Soal Essay disertai tingkat keyakinan CRI dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini awalnya menyeleksi siswa menggunakan skala CRI selanjutnya menghitung hasil persentase hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 32% siswa telah paham konsep, 8% tidak paham konsep, dan 60% siswa mengalami miskonsepsi, sedangkan faktor yang menyebabkan miskonsepsi yaitu terdapat pada diri siswa itu sendiri antara lain: siswa mengobrol sendiri saat guru menjelaskan, takut bertanya kepada guru saat ada materi yang tidak dipahami dan pengetahuan siswa terhadap konsep matematika yang rendah. Jadi dapat disimpulkan dalam penelitian ini adalah siswa SDN Margorejo 1/403 Surabaya kelas IV-C mengalami miskonsepsi dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi FPB dan KPK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Ilham Komarudin PERPUS
Date Deposited: 05 Dec 2022 08:22
Last Modified: 05 Dec 2022 08:22
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2242

Actions (login required)

View Item
View Item