WARDAINI, DINA OKTAVIANA (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD HANG TUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (570kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (45kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (130kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (150kB)
Abstract
Wardaini, Dina Oktaviana. 2021. Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing (1) Dra. Dian Kusmaharti S.Si., M.Pd., Pembimbing (2) Arif Mahya Fanny, S.H., M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pembelajaran daring selama pandemi covid-19 pada hasil belajar siswa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif diskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik wawancara dengan mengumpulkan informasi dari wali kelas IV, 5 wali murid dan 5 siswa kelas IV. Dari hasil data penelitian, ditemukan bahwa siswa kelas IV mengalami kenaikan hasil belajar selama pembelajaran daring dibandingkan hasil belajar saat tatap muka. Penyebab dari kenaikan hasil belajar tersebut adalah siswa banyak mendapat bantuan menyeluruh dan langsung dari orang tua yang mendampingi siswa saat pembelajaran daring berlangsung.
Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda. Berdasarkan masalah pembelajaran daring terkendala signal yang tidak stabil. Dampaknya, penerima pesan yakni siswa dalam menerima materi tidak maksimal dan efektif. Pembelajaran daring sama halnya pembelajaran luring mendidik siswa akan kebhinekaan bangsa, budaya dan peradaban di dunia, Menanamkan kesadaran ketergantungan antar bangsa dan Menanamkan kesadaran semakin terbukanya komunikasi. Damp[ak pendampingan daring akan berakibat negatif terhadap perkembangan siswa yaitu siswa tidak peduli atau terkesan meremehkan terhadap setiap tugas yang diberikan guru. Selain itu, siswa juga akan lebih banyak menggantungkan diri terhadap bantuan orang lain sehingga menjadikan dirinya pribadi yang kurang mandiri. Pada akhirnya kondisi siswa yang kurang mandiri tersebut juga akan sering membuat wali murid kesulitan saat mengarahkan siswa untuk menyelesaikan setiap tugas dan tanggung jawab di sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan Hasil belajar siswa selama daring mengalami peningkatan jika dengan pendampingan orang tua. Hal ini dibuktikan bahwa dari 27 siswa Kelas IV terdapat 26 siswa tuntas (dengan pendampingan orang tua) dan terdapat 1 siswa belum tuntas (tanpa pendampingan orang tua). Jadi, selama masa daring rata-rata nilai siswa diatas 85% dari 100%, sehingga dinyatakan tuntas. Dan pembelajaran daring dapat menjadi alternatif selama pandemi covid-19. Dari hasil belajar (Nilai Semester Ganjil) tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa tuntas dan penerapan pembelajaran daring kelas IV selama pandemi Covid-19 pada hasil belajar di SD Hang Tuah 10 Juanda berhasil dan efektif untuk mengurangi penyebaran virus. Dan dapat dinyatakan bahwa hasil belajar selama daring di kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda mengalami peningkatan jika dengan pendampingan dan pengawasan orang tua.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Ilham Komarudin PERPUS |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 08:27 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 08:27 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2243 |