PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD HANGTUAH 10 JUANDA

RAHMAWATI, LISA DWI (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV SD HANGTUAH 10 JUANDA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (16kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (28kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (136kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Rahmawati, Lisa Dwi. 2022. Pengaruh Model Problem Based
Learning berbantu media gambar terhadap
keterampilan menulis Puisi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar. Fakultas pedagogi dan Psikologi.
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Pembimbing
(1) Drs. Bahauddin Azmy., M.Pd. (2) Via Yustitia.,
S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, media gambar,
keterampilan menulis Puisi
Keterampilan menulis puisi masih mengalami banyak
kendala banyak peserta didik yang cenderung menghindari dan
mengangap menulis puisi sebagai suatu hal yang sulit sehingga
berdampak pada rendahnya kemampuan keterampilan menulis
puisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model
Problem Based Learning berbantu media gambar terhadap
keterampilan menulis Puisi. Jenis penelitian eksperimen
dengan desain Quasi Experimental Design.
Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Hang
Tuah 10 Juanda dengan pengambilan sampel menggunakan
Teknik Non Equivalent Control Grub Desain yaitu pada kelas
IV A dan IV B. Metode penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif. Intrumen pada penelitian ini
menggunakan tes tertulis yang berupa menulis puisi. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara tes posttest. Analisis
data yang digunakan adalah analisis homogenitas, uji
normalitas dan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan,
diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh model problem based
learning berbantu media gambar terhadap keterampilan
menulis puisi siswa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda.
Ditunjukan dengan secara keselu ruhan hasil tes menulis puisi yang mengalami peningkatan. Dengan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. yang berarti terdapat pengaruh model problem based learning berbantu media gambar terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Hang Tuah 10 Juanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:20
Last Modified: 06 Dec 2022 04:20
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2246

Actions (login required)

View Item
View Item