KORELASI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI SEBANI II

AINI, NIMAS MASYITHA NUR (2022) KORELASI KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI SEBANI II. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (950kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (118kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (111kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (108kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Aini, Nimas Masyitha Nur. 2022. Korelasi KemampuanLiterasiNumerasi dengan Kemampuan PemecahanMasalahMateri Pecahan Kelas V SD Negeri Sebani II. Skripsi. Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FakultasPedagogi dan Psikologi. Universitas PGRI Adi BuanaSurabaya. Pembimbing (1) Apri Irianto, S.H., M.Pd. (2)Pana Pramulia, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, Kemampun PemecahanMasalah, Materi Pecahan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahadahubungan kemampuan literasi numerasi dengan kemampuanpemecahan masalah materi pecahan kelas V di SDNegeri Sebani II. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif denganmetode korelasional. Penelitian ini dilatar belakangi karenanadanyabeberapa peserta didik yang mengalami kesulitandalammenyelesaikan permasalahan dalam bentuk soal cerita. Sebagiansiswa kesusahan dalam menyelesaikan permasalah soal ceritamatematika berupa materi pecahan. Permasalahan yangseringdigunakan terkait dengan permasalahan sehari-hari, hal ini jugabisaterjadi karena tingkat kemampuan literasi numerasi peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VSDNegeri Sebani II yang berjumlah 31 siswa. Penggambilansampeldilakukan dengan teknik sampling jenuh yang maksudnyasemuapopulasi dijadikan sampel, karena hanya terdapat satu rombonganbelajar pada kelas V. Instrumen yang digunakan berupa soal teskemampuan literasi numerasi dan soal tes kemampuan pemecahanmasalah materi pecahan kelas V. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Ujiprasayarat yang meliputi uji normalitas Kolmogorov-Smirnovdanujilinieritas, sedangkan pada uji hipotesis menggunakan uji korelasiProduct Moment. Data yang diperoleh kemudian dianalisis denganbantuan software SPSS 25 for windows. Hasil penelitianinimenunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif serta signifikan
antara kemampuan literasi numerasi dengan kemampuan pemecahanmasalah materi pecahan, dimana diperoleh rhitung sebesar 0,788. Melalui tafar signifikan (α) = 0,05 dan n = 31, maka diperoleh rtabel sebesar 0,355 yang menunjukkan bahwa nilai rhitung > rtabel. Sehinggadapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dansignifikan antara kemampuan literasi numerasi dengan kemampuanpemecahan masalah materi pecahan kelas V SD Negeri Sebani II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:15
Last Modified: 06 Dec 2022 04:15
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2247

Actions (login required)

View Item
View Item