Choiroh, Nur Mauidatul (2022) PENERAPAN PROGRAM PAGI BERSERI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SDN KEBONDALEM MOJOSARI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (671kB)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (97kB)
BAB I A5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (217kB)
DAPUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (200kB)
Abstract
Choiroh, Nur Mauidatul. 2022 penerapan program pagi berseri dalam
pembentukan karakter peduli lingkungan siswa di SDN Kebondalem
Mojosari. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
pedagogi dan psikologi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing (1) Drs. Triman Juniarso, M.Pd. (2) Cholifah Tur Rosidah,
S.Pd., M.Pd
Kata kunci: karkater peduli lingkungan, program pagi berseri.
Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan dalam karakter siswa.
pendidikan akan memiliki peranan yang sangat penting didalam upaya
pembangunan negara, karena dengan pendidikan ini akan membentuk karakter
generasi muda yang ada. Kondisi Indonesia saat ini yang sedang mengalami
penurunan kualitas karakter pelajar yang ada. Pendidikan memiliki peranan
penting didalam upaya pembentukan perilaku serta karakter seseorang terutama
pada pendidikan sekolah dasar. Perilaku penanaman karakter yang dilakukan
sejak dini agar dapat menjadi sebuah pondasi pelaksanaan penanaman karakter
peduli lingkungan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini untuk mengetahi
penerpan program pagi berseri dalam penanaman karakter peduli lingkungan
siswa di SDN Kebondalem Mojosari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa SDN Kebondalem Mojosari kelas III
dan kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi
dengan menggunakan penilaian lembar observasi, wawancara dengan lembar
wawancara dan dokumentasi. Menggunakan tenknik analisis data untuk
mengetahi penerapan program pagi berseri dalam pembentukan karakter yaitu
dengan reduksi data, penyajian datan dan penarikan kesimpulan.
Pada penerapan program pagi berseri dalam penanaman karakter peduli lingkungan, siswa mulai peduli dengan keadaan lingkungan di sekolah, siswa memiliki rasa tanggung jawab atas semua kebersihan kelas dan lingkungan, memelihara tanaman dengan baik yang sesuai dengan nilai-nilai karakter peduli lingkungan Penerapan program pagi berseri ini dilakukan dengan cara mengoptimalkan sarana dan prasaranan yang telah disediakan oleh sekolah demi menunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pada aktifitas siswa Pentingnya pembelajaran diluar sekolah untuk menerapkan karakter peduli lingkungan siswa. Aktifitas yang dilakukan untuk membiasakan siswa agar senantiasa peduli terhadap lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Guruh Fitriawan PERPUS |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 03:45 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 03:45 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2250 |