PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN KEBOANANOM GEDANGAN SIDOARJO

Lestari, Diana Dwi (2022) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN KEBOANANOM GEDANGAN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1. HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (896kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (128kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (138kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (131kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Lestari, Diana Dwi. 2022. Pengaruh media video animasi terhadap
hasil belajar sistem pencernaan manusia pada siswa kelas
V SDN Keboananom Gedangan Sidoarjo. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Pedagogi
dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Pembimbing: (1) Ida Sulistyawati, S.H., M.Pd., (2) Imas
Srinana Wardani,S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh materi sistem
pencernaan manusia merupakan materi yang sulit bagi siswa SD
karena organ yang terlibat dalam proses pencernaan tidak dapat
dilihat secara langsung dengan mata sehingga memerlukan media
pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam
mempelajari materi sistem pencernaan manusia dengan baik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh
media video animasi terhadap hasil belajar sistem pencernaan
manusia pada siswa kelas V SDN Keboananom Gedangan
Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan Penelitian kuantitatif yakni
quasi experimental design atau metode penelitian semu. Sumber
data penelitian ini menggunakan 2 kelas yakni kelas V A yang
terdiri dari 27 siswa sebagai kelas kontrol serta kelas V B yang
terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes yang berisikan
pertanyaan-pertanyan atau soal-soal pilihan ganda 20 yang
bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian uji hipotesis yang di peroleh
menunjukkan menunjukkan nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar
0.000 dengan nilai probabilitas signifikansi α yaitu < 0.05.
Dengan demikian, hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa Ho
ditolak. Hal ini menyatakan bahwa adanya pengaruh media video
animasi terhadap hasil belajar sistem pencernaan manusia pada
siswa kelas V SDN Keboananom Gedangan Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Guruh Fitriawan PERPUS
Date Deposited: 06 Dec 2022 07:32
Last Modified: 06 Dec 2022 07:32
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item
View Item