Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Pasing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Buana Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

Ali, Mohammad Lukman (2022) Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Pasing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Buana Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.

[thumbnail of 1.HALAMAN DEPAN.pdf] Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (455kB)
[thumbnail of 2.ABSTRAK .pdf] Text
2.ABSTRAK .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (93kB)
[thumbnail of 3.BAB I.pdf] Text
3.BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (293kB)
[thumbnail of 8.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (193kB)
Official URL: https://unipasby.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: metode pembelajaran kooperatif, pasing bawah
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh
metode pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan passing
bawah bola voli kelas VIII SMP Buana Waru Kabupaten Sidoarjo.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII di
SMP Buana. Dalam penelitian ini menggunakan cara random
sampling dengan cara undian, dari 40 siswa populasi yang
melakukan passing bawah bola voli diambil 20 siswa sampel. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode eksperimen semu (quasi experimental design). Penelitian
eksperimen adalah penelitian yang dilakukan secara ketat untuk
mengetahui hubungan sebab akibat diantara variabel. Eksperimen
adalah jenis penelitian yang mana sampel atau objek penelitian
diberikan suatu perlakuan (treatment). Sedangkan desain atau
rancangan dalam penelitian ini menggunakan One-Grup PretestPostest Design.
Hasil analisis menemukan bahwa nilai sig. (2-tailed) pada
kelompok eksperimen yaitu sebesar 0.002, jadi nilai sig. (2-tailed)
pada kelompok eksperimen > 0.05 maka dapat dinyatakan bahwa
metode pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap peningkatan
pasing bawah bola voli pada siswa kelas VIII di SMP Buana Waru
Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas)
Depositing User: Retno Sulistyanto PERPUS
Date Deposited: 15 Dec 2022 05:52
Last Modified: 15 Dec 2022 05:52
URI: https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2327

Actions (login required)

View Item
View Item