Nadjib, Muhamad Ainun (2022) “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI SE KECAMATAN KEMBANG BAHU”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA.
1. Halaman Depan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (695kB)
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (159kB)
3. BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (294kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.
Download (159kB)
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran PJOK, Implementasi, COVID-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi
pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada
masa pandemi COVID-19 di SD Negri Se Kecamatan
Kembangbahu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif
dengan pendekatan one shot case study dengan satu kali
pengumpulan data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode survey sedangkan pengumpulan datanya
menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan
total sampling. Sampel dalam Peneltian ini yaitu seluruh guru PJOK
SD Negeri se-Kecamatan Kembangbahu, berjumlah 10 guru.
Instrumen dalam penelitian ini berupa kuisioner online menggunakan
google form yang berisi 10 pertanyaan. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data persentase.
Hasil Penelitian ini Menujukan bahwa Pada masa Pandemi
semua Guru masih melakukan Pembelajaran PJOK dari Total 10
Responden (100%), 70% guru menggunakan metode pembelajaran
daring, 30% pembelajaran PJOK sesuai dengan RPP dan 60% sesuai
RPP namun tidak runtut, 100% menggunakan media pembelajaran
whatsapp group, 90% peserta didik antusias dan berpartisipasi baik
dalam pembelajaran, 100% guru bekerjasama dengan orang tua
peserta didik agar proses pembelajaran PJOK tetap berlangsung,
40% guru mengatakan dalam implementasinya hanya sebagian
pembelajaran yang sesuai RPP, 100% penilaian berdasarkan
pengumpulan tugas dan ujian, 70% guru mengatakan penilaian pada pembelajaran daring tidak efektif, 30% guru mengatakan kendala
dari pembelajaran daring yaitu belum menguasai media daring, 40%
guru mengatakan kendala pembela pembelajaran daring yaitu
kesulitan dalam mengakses internet, dan 30% mengatakan kendala
lainnya yaitu terdapat beberapa peserta didik yang belum terfasilitasi
menggunakan alat komunikasi yang memadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pedagogi dan Psikologi (FPP) > Pendidikan Jasmani (PenJas) |
Depositing User: | Retno Sulistyanto PERPUS |
Date Deposited: | 14 Dec 2022 06:58 |
Last Modified: | 14 Dec 2022 06:58 |
URI: | https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint/2438 |